Monitor Teknologi dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

monitor teknologi

Monitor teknologi selalu berkembang dengan memberikan fitur Рfitur terbarunya. Hal ini demi kenyamanan pengguna dalam menatap layar monitor. Pada dasarnya, layar monitor tidak bisa dipisahkan dari Komputer ataupun Laptop. Karena tanpa monitor, PC ataupun Laptop tidak bisa mengeluarkan visual gambarnya. Namun apakah kalian tahu bahwa monitor teknologi berkembang dari tahun ketahun ? Nah berikut adalah beberapa perkembangannya hingga saat ini.

1. Monitor Teknologi Cathode Ray Tube (CRT)

Cathode Ray Tube (CRT) merupakan teknologi monitor yang pertama kali dan tertua. Penah melihat TV Tabung yang ukurannya cukup besar ? Jika iya, maka itulah layar yang menggunakan teknologi Cathode Ray Tube. Ciri – cirinya yakni memiliki bagian belakang besar. Karna digunakan untuk menyimpan tabung hampa udara.

Teknologi CRT ini berkerja dengan cara memancarkan elektron yang berada didalam tabung kemudian mengenai fosfor. Fosfor yang ada didalam ini tadilah yang menyala dan menampilkan gambar dilayar monitor. Pancaran sinar yang dikeluarga memiliki warna Red (Merah), Hijau (Green) dan Biru (Blue). Disinilah awal mula warna RGB muncul.

Namun, seiring berkembangnya jaman monitor tipe ini sudah mulai ditinggalkan. Selain bentuknya yang kurang efesien, daya listrik yang digunakan juga terbilang besar. Dan juga aspek rasio monitor CRT ini hanya 4:3 sehingga kurang memuaskan untuk dipandang mata. Sejak tahun 2005 produksi dari layar monitor Cathode Ray Tube (CRT) mulai dihentikan. Dan digantikan dengan layar LCD sebagai generasi selanjutnya.

2. Teknologi Monitor Liquid Crystal Display (LCD)

monitor teknologiSetelah layar CRT mulai dihentikan produksinya, munculah Monitor Teknologi terbaru yakni Liquid Crystal Display (LCD). Hampir semua perangkat elektronik sekarang menggunakan teknolog LCD. Mulai dari Televisi, Layar Laptop, Monitor Komputer dan Smartphone menggunakannya.

Berbeda dari CRT, Layar LCD memiliki bentuk yang lebih ramping. Karena monitor jenis ini tidak memerlukan serangkaian untuk memantulkan elektron. Selain itu, teknologi Liquid Crystal Display ini hanya menggunakan panel – panel sehingga membuatnya lebih tipis.

Baca Juga :  Laptop Gaming Murah Berkualitas Terbaru

Panel tersebut terdiri dari panel elektroda dan panel terpolarisasi. Kedua panel tersebut terdiri dari kisi aktif dan pasif. Namun, kebanyakan dari produk Monitor Teknologi LCD menggunakan layar kisi aktif. Pasalnya, jenis layar ini memiliki sifat untuk memblokir cahaya. Sehingga, jika anda menggunakan layar ini pandangan mata lebih nyaman dan tidak silau.

Akan tetapi, panel yang terdapat pada teknologi Liquid Crystal Display tidak mampu memancarkan cahayanya sendri. Sehingga membutuhkan bantuan dari LED ataupun Fluorescent sebagai pemancar cahaya.

Itulah perkembangan teknologi yang diterapkan pada monitor. Untuk jenis monitor LCD memiliki beberapa jenis dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda. Nah, berikut adalah perkembangan teknologi yang diterapkan pada layar Liquid Crystal Display (LCD).

Macam Macam Monitor Teknologi LCD

Panel Twisted Nematic (TN)

Panel Twisted Nematic atau yang sering dikenal dengan Panel TN merupakan jenis panel LCD yang paling populer digunakan. Pasalnya, teknologi monitor jenis ini memiliki harga yang lebih murah dan kualitas yang memadahi. Banyak kelebihan Panel TN yang bisa anda temui diantaranya yakni memiliki refresh rate tinggi yakni 120 Mhz – 240 Mhz dan respons time hanya 1 ms – 5 ms saja.

Refresh rate dan respons time ini sangat erat kaitannya apabila anda memainkan game menggunakan layar TN. Refresh rate berfungsi untuk menampilkan secara maksimal grafik 3D dan respons time untuk menghilangkan efek bayangan saat menampikan visual.

Selain kelebihan, Panel TN juga memiliki kekeurangan yang bisa anda temukan. Kekurangan Panel TN yakni produksi cahaya yang kurang jernih dan tidak mendukung fitur HDR pada layar monitor. Walaupun demikian, bagi anda yang ingin menggunakan jenis layar LCD ini masih cocok digunakan untuk bermain game. Apalagi anda yang ingin mencari layar monitor bagus dengan harga murah. Namun, bagi anda yang sangat teliti atau detail dalam hal grafis visual, disarankan untuk tidak menggunakan layar ini.

Baca Juga :  PHP Adalah dan Fungsi dalam Pemograman Web

Panel Vertical Aligment (VA)

Anda mencari layar LCD yang cocok untuk menonton film ? Mungkin Monitor Teknologi LCD jenis Panel VA bisa menjadi solusinya. Kelebihan Panel VA dibanding yang lainnya yakni memiliki contras ratio yang tinggi serta tampilan warna yang lebih pekat. Berbeda dengan Panel TN yang memiliki pencahayaan cenderung pudar.

Sedangakan kekurangan Panel VA yakni terdapat pencahayaan yang tidak merata. Sehingga efeknya, bayangan yang sering hilang jika gambar berada ditengah layar. Sehingga akan sangat kurang maksimal jika anda gunakan untuk bermain game.

Panel In-Panel Switch (IPS)

LCD IPS merupakan monitor teknologi penyempurnaan dari kedua panel diatas. Layar IPS kini sudah marak diguanakan. Kebanyakan produk – produk digital mulai beralih menggunakan jenis layar ini. Pasalnya, harga In-Panel Switch (IPS) sekarang sudah mulai terjangkau.

Kelebihan Layar Monitor IPS lainnya yakni memiliki sudaut pandang 178 derajat sehingga gambar yang ditampilan akan tampak lebih jelas dengan warna yang berkualitas. Selain itu, refresh rate yang tergolong kecil yakni hanya 5 ms dengan peningkatan kerapatan dan kepadatan pixel.

Panel IPS ini sangat cocok digunakan untuk bermain game ataupun menonton film. Selain itu, digunakan untuk kegiatan editing gambar dan video juga sangat disarankan.

Demikian ulasan mengenai Monitor Teknologi dan Perkembangannya Hingga Saat Ini. Semoga mebambanh refrensi anda sebelum membeli.

Facebook Comments

Recommended For You

About the Author: Optimalkan.com

Hanya seorang yang menyukai dunia teknologi dan aktif menulis di Optimalkan.com