PHP Adalah dan Fungsi dalam Pemograman Web

php adalah

PHP adalah sebuah bahasa pemograman yang banyak digunakan. Menurut wikipedia, PHP adalah bahasa pemograman scrip server side yang didesain untuk pengembangan web.

Pengertian PHP

Awalnya PHP memiliki singkatan Personal Home Page yang dibuat dan dikembangkan oleh Rasmus Lerdoft pada tahun 1995. Singkatan tersebut diambal memang karena pada jaman tersebut, PHP hanya digunakan untuk membuat website pribadi.

Akibat perkembangan jaman, PHP juga mulai berevolusi. Yang awalnya hanya digunakan untuk membuat website pribadi, kini PHP sudah menjadi bahasa pemograman yang sangat populer dan digunakan diberbagai macam plaftform. Seperti WordPress, Joomla, Drupal dan masih banyak lainnya. Dengan kepopuleran PHP yang banyak digunakan, singkatan awal yakni Personal Home Page juga berbah. Singkatan PHP adalah Hypertext Preprocessor.

Kepopuleran penggunaan PHP dalam pengembangan website bukanlah omong kosong belaka. Pada tahun 2019, pengguna PHP hampir mencapai 80% diseluruh dunia kemudian disusul oleh ASP.Net yang hanya 11% saja. Hal tersebut dikarenakan, pengguna PHP mendapat lesensi GPL (General Public Lisence) yang biasanya digunakan untuk produk Open Source dan bersifat gratis

Fungsi PHP dalam Pemrograman Website

Berbeda dengan Kode CSS untuk mempercantik tampilan website, Bahasa PHP lebih ke untuk memudahkan kita dalam menglolah atau menyusun website. Fungi PHP dalam bahasa pemograman terdapat banyak macamnya seperti mengubah menjadi bentuk PDF, mengatur waktu sesi dan cookie website, menginput data dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Rufus Untuk Install Windows Terbaru

Sebagai contoh, disini saya akan membuat list siswa sekolah dasar sesui dengan nomor absennya. Dan lihat perbedaan menggunakan HTML biasa dan menggunakan HTML ditambah PHP.

<html>
<head>
<title>Contoh list dengan HTML</title>
</head>
<body>
<h2>Daftar Absensi Siswa Sekolah Dasar</h2>
<ol>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-1</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-2</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-3</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-4</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-5</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-6</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-7</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-8</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-9</li>
<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-10</li>
</ol>
</body>
</html>

Diatas adalah kode HTML untuk list absen siswa pada seuatu sekolah dasar. Mengggunakan kode <li> Nama Siswa Sekolah Dasar ke-1</li> dan seterusnya. Penggunaan kode ini kurang efektif pasalnya apa bila hanya terdapat 10 – 20 siswa mungkin masih bisa. Namun, jika terdapat lebih dari 1000 siswa ? akan sangat tidak mungkin dan hanya akan menghabiskan waktu saja. Makadari itu, PHP dibutuhkan disini untuk mempermudah melakukan list nama siswa.

<html>
<head>
<title>Contoh list dengan PHP</title>
</head>
<body>
<h2>Daftar Absensi Siswa Sekolah Dasar</h2>
<ol>
<?php
for ($i= 1; $i <= 1000; $i++)
{
echo “<li>Nama Siswa Sekolah Dasar ke-$i</li>”;
}
?>
</ol
</body>
</html>

Diatas merupakan kode PHP yang diterapkan pada HTML untuk memudahkan melakukas List Data Siswa. Anda bisa menyesuaikan jumlah siswa hanya denga mengubah angka 1000 menjadi angka yang anda inginkan. Tanpa harus mengocopy paste satu persatu.

Demikian ulasan mengenai PHP Adalah dan Fungsi dalam Pemograman Web ? Diatas merupakan contoh dasar penggunaan PHP dalam website. Untuk tuturial selanjutnya, anda bisa tetap mengunjungi blog ini.

Facebook Comments

Recommended For You

About the Author: Optimalkan.com

Hanya seorang yang menyukai dunia teknologi dan aktif menulis di Optimalkan.com